banner 970x250

Disambut Adat, Gubernur dan Wagub Ajak Semua Pihak Kerja Sama Bangun Sulteng

Gubernur dan Wakil Gubernur H. Rusdy Mastura dan Drs. H. Ma’mun Amir disambut dengan prosesi adat Kaili./Foto : Biro Admin Pimpinan Pemprov Sulteng.

Noteza.id | Palu – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H Rusdy Mastura didampingi istri Dr Hj Vera Rompas Mastura bersama Wakil Gubernur Drs H Ma’mun Amir beserta istri Hj Halimah Ma’mun Amir mendapatkan penyambutan secara adat begitu tiba di kediaman Jalan Lagarutu Palu, Jumat (18/6/2021).

Gubernur dan Wakil Gubernur beserta istri juga disambut musik rebana dan kakula, selanjutnya melewati daun kelapa yang melambangkan kesejukan serta dan bentangan kain putih panjang yang melambangkan kesucian hati.

banner 970x250

Gubernur dan Wakil Gubernur selanjutnya memakai baju adat suku Kaili serta Siga, sementara ibu gubernur dan ibu wakil gubernur menggunakan sampolu.

Ketua Umum PB Al-Khairaat Habib Ali Al-Djufri pada kesempatan itu juga memimpin doa keselamatan serta tahlil.

Gubernur Sulawesi Tengah yang akrab disapa Cudi, dalam sambutannya menyatakan kesyukurunnya dapat menghadiri kegiatan tersebut setelah dilantik sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng oleh Presiden RI Joko Widodo, Rabu Juni 2021 yang lalu.

Menurut Gubernur, hingga prosesi pelantikan banyak hal yang terjadi baik suka dan duka yang dapat menjadi pelajaran, dan kesemuanya dari Allah SWT.

Gubernur Cudi menyampaikan bahwa apa yang telah ia capai bukan semata-mata perjuangannya bersama Wagub dan tim. Ia akui, berkat kekuatan doa dukungan dari masyarakat Sulawesi Tengah menjadi asbab kemenangannya pada Pilgub 2020 yang lalu, hingga menuju kursi orang nomor 1 di Sulawesi Tengah.

“Untuk itu, perkenankan saya, atas nama pribadi dan selaku pimpinan daerah, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat sulawesi tengah yang telah memberikan mandat kepercayaan kepada kami untuk memimpin bumi tadulako, Provinsi Sulawesi Tengah,” ujar Gubernur.

Tantangan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang diemban ke depan menurut gubernur tidak akan berjalan mudah, kondisi daerah dan bangsa masih berjuang menghadapi pandemi covid-19, serta pemulihan dampak bencana yang terjadi pada tanggal 28 september 2018 silam, yang masih dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi.

Olehnya, mantan Walikota Palu dua periode itu berharap adanya dukungan dan bantuan seluruh elemen masyarakat, birokrasi, TNI/Polri, serta mitra kerja untuk menjalankan roda pemerintahan, meneruskan pembangunan di sulawesi tengah, melalui visi ‘gerak cepat menuju sulawesi tengah lebih sejahtera dan lebih maju’.

“Tanpa dukungan saudara-saudara, dan stakeholder lainya, apa yang kita rencanakan ke depan tidak akan bisa terwujud, karena sekali kita bergerak cepat menuju sulteng sejahtera dan maju, dua kali kita bersama-sama mewujudkan sulteng yang lebih baik lagi,” tegasnya.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan kesehatan dan kekuatan serta memberikan petunjuk dan pertolongannya kepada kita semua dalam mengemban amanah dan pengabdian,” sambung Gubernur Rusdy Mastura.

Hadir pada kesempatan itu Penjabat (Pj) Sekretaris Provisi Sulteng, Walikota Palu, Ketua MUI, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, unsur Forkopimda, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Admin Pimpinan Pemprov Sulteng, sejumlah Kepala OPD, Pimpinan Partai Politik pengusung Cudi-Ma’mun dan tim pemenangan Cudi-Ma’mun serta pihak terkait lainnya.

Jamal Ishak
Sumber : Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulteng