banner 970x250

Bupati Morut dan Rektor IPB Bogor teken MoU tentang Diklat dan Pengabdian Masyarakat

Bupati Morowali Utara Dr. Delis Julkarson Hehi bersama Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satrya saat penandatanganan MoU./Foto : Istimewa

Noteza.id | Morowali Utara – Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pembangunan daerah Morowali Utara.

Penandatangan dilakukan oleh Bupati Morowali Utara Dr dr Delis Julkarson Hehi dan Rektor IPB Prof Dr Arif Satrya di gedung rektorat IPB , Kamis (17/6/2021).

banner 970x250

Pada kesempatan itu, Rektor IPB mengatakan bahwa Kabupaten Morowali Utara memiliki kekayaan alam di sektor pertambangan yang bersifat non renewable, tidak berkelanjutan dan akan habis.

“Tapi kekayaan alam sektor pertanian dan perkebunan adalah kekayaan alam yang tidak akan habis karena itu kehidupan yang berkelanjutan, saya yakin pertanian di morowali utara banyak yang bisa dikembangkan,” ujar Prof Arif saat memberi sambutan.

Oleh Karena itu, Prof Arif menyebut bahwa IPB sangat terbuka dengan pengembangan dan penelitian bagi Pemkab Morowali Utara.

“Termasuk bagi mereka yang memperoleh beasiswa untuk pendidikan S1 dan S2,” tegasnya.

Selain itu, tambah Rektor IPB, pihaknya punya data presisi desa karena selama ini data yang ada tidak menggambarkan kondisi yang sesungguhnya.

Membalas sambutan hangat yang disampaikan pihak IPB, Bupati Morowali Utara berterima kasih dan berharap nota kesepahaman yang dutandatangani itu akan membantu percepatan visi dan misi pemerintah daerah.

“Visi kami adalah mewujudkan masyarakat Morowali Utara yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera. Semua itu bisa terwujud dengan asupan gizi yang memadai yang banyak bersumber dari hasil hasil pertanian,” imbuh Bupati Delis.

Lewat nota kesepahaman yang ditandatangani tersebut menurutnya bisa dibreakdown sehingga pihaknya ingin memastikan bahwa data desa sesuai dengan kenyataan dan potensi yang ada.

“Pemkab berharap bantuan IPB dalam menghasilkan data desa yang presisi, karena dengan data yang betul perencanaan pembangunan qkqn tepat sasaran,” harap Bupati Morowali Utara Itu.

Rektor IPB bahkan meminta jajaran IPB membawa Bupati Morowali Utara dan Wakil Ketua I dan II DPRD Morowali Utara berkeliling melihat kampus IPB termasuk inovasi yang selama ini sudah dilakukan.

Boby Monareh
Sumber : Tim Media Center Delis-Djira