banner 970x250
Ekobis  

Varietas Inpari 36 dan 37 Diharap Dapat Memicu Peningkatan Hasil Produksi Pertanian Parigi Selatan

Ilustrasi Varietas Inpari./Foto : Noteza.id

Noteza.id | Parigi Moutong – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Parigi mengapresiasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia karena menjadikan Desa Lemusa Kecamatan Parigi Selatan sebagai contoh lahan yang ditanami varietas Inpari 36 dan Inpari 37.

“Pihak Dinas (TPHP) mensupport dan mengapresiasi terkait dengan hal ini. Kita bersyukur, salah satu desa yang ditunjuk menjadi perwakilan dari program ini adalah Desa Lemusa,” ujar Kepala UPT Parigi Selatan, Ramadhan Firman selaku perwakilan Dinas TPHP Parigi Moutong, Sabtu (12/6/2021).

banner 970x250
Kepala UPT Parigi Selatan, Ramadhan Firman./Foto : Noteza.id

Dadang sapaan akrabnya menyampaikan rasa syukurnya kepada pihak Balitbangtan yang diwakili oleh Kepala Loka Penelitian Penyakit Tungro (Lolittungro) telah menyempatkan hadir untuk penanaman perdana Varietas Inpari. Ia berharap ke depan dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di Parigi Moutong.

“Dengan bantuan ini, harapan kami menjadikan contoh, bahwa dengan program ini dengan teknologi seperti ini akan mendapatkan hasil yang maksimal,” ucapnya.

Mewakili petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang ada di Kecamatan Parigi Selatan khususnya di Desa Lemusa, Dadang mengatakan pihaknya berharap inovasi itu menjadi contoh untuk kelompok tani (poktan) lainnya yang ada di Desa Lemusa.

Ia mengatakan bahwa pihkanya juga telah membuat program jadwal tanam secara bersama-sama seluruh poktan yang ada di Kecamatan Parigi Selatan.

“Harapan kami ini bisa menjadi contoh bagi seluruh kelompok. Saya secara pribadi membuat program agar untuk kecamatan Parigi Selatan melakukan tanam serempak,” pungkasnya.

Aldryanto