border="0"

Gandeng IPB, Bappelitbangda Parimo Gelar Pelatihan Sistem Data Berbasis Web

Pembukaan Kegiatan Pelatihan Sistem Infomasi Data Berbasis Web yang Digelar oleh Bappelitbanda Parigi Moutong dan IPB, di Aula Bappelitbangda, Kamis (27/5/2021)./Foto : Humas Pemda Parigi Moutong.

Noteza.id | Parigi Moutong – Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor menggelar Pelatihan Sistem Informasi Data Pembangunan Daerah.

Kegiatan yang dibuka oleh Drs H Samin Latandu selaku Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Kesra Setda Parimo itu, berlangsung di aula rapat kantor Bappelitbangda, Kamis (27/5/2021).

banner 970x250

Dikutip dari equatornews.net, Kepala Bappelitbangda Irwan SKM M.Kes, mengatakan sistem berbasis web ini untuk memetakan potensi potensi yang terkait dengan potensi daerah di Parigi Moutong, Irwan berharap dengan adanya pemetaan ini maka nantinya akan mudah mengatahui keberadaan potensi daerah yang ada di wilayah Parigi Moutong dan juga untuk melakukan perencanaan dan memudahkan dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian.

Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda Nur Novianti Bandha SH secara teknis menjelaskan bahwa dalam lanjutan hasil konsultasi oleh Bappelitbangda Parigi Moutong ke Bappenas, Bappenas menyarankan harus membuat software tentang data perencanaan.

Novi Bandha membeberkan, jika software itu dibuat nantinya siapapun bisa saja mengakses atau melihat data potensi potensi daerah Kabupaten Parimo.

Dari pemetaan yang ada, Novi Bandha menyebut bagaimana juga untuk meningkatkan ekonomi di Kabupaten Parigi Moutong.

Tambah Novi Bandha, awalnya aplikasi ini hanya spesifik untuk kerawanan pangan dan kesehatan saja akan tetapi lanjutan setelah kami dari Bappelitbangda Parigi Moutong melakukan konsultasi lagi ke Bapenas, dan dari hasil koordinasi kami ke Bapenas, mereka menyarankan untuk dikembangkan lagi lebih lanjut. “tuturnya.

Setelah sistem informasi data perencanaan pembangunan daerah ini selesai dilaksanakan kemudian akan dilanjutkan lagi dengan monitoring serta evaluasi seperti apa saja pembangunan di Parigi Moutong kedepannya.” tutupnya.

M. Taswan/Equatornews.net