banner 970x250

Wabup Parigi Moutong : Mari Kerjasama Tingkatkan Produksi Padi

Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE (kiri) saat memberikan Sambutan./Foto : noteza.id

Noteza.id | Parigi Moutong – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) menggelar Forum Tani Kabupaten Parimo dalam rangka upaya meningkatkan produktivitas pertanian padi melalui sosialisasi penerapan metode Hazton.

Untuk diketahui metode Hazton merupakan strategi pengolahan pertanian dengan menggunakan teknologi. Metode ini merupakan tata cara penanaman padi menggunakan bibit tua yang berusia 25-35 hari setelah semai, dengan jumlah kepadatan bibit 20-30 perlubang.

banner 970x250

Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo) H Badrun Nggai SE yang hadir pada kegiatan itu, diawal sambutannya mengatakan selaku pemda, ia sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan sosialisasi itu.

“Atas nama pemerintah daerah saya berterima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya, atas terselenggaranya acara ini,” ujar Wabup Badrun di Aula Dinas TPHP Kabupaten Parimo, Rabu (7/4/21).

Wabup Badrun mengatakan, Kabupaten Parigi Moutong merupakan salah satu daerah yang berada di garis Khatulistiwa, sehingga tidak heran kata ia, Parigi Moutong dijuluki daerah lumbung beras terbesar di Sulawesi Tengah karena tanahnya yang subur dan menghasilkan ton beras.

“Daerah kita termasuk daerah yang dilintasi garis Khatulistiwa dan termasuk wilayah Agraris sehingga tanahnya subur dan makmur,” tambahnya.

Wabup Badrun juga menyampaikan kebutuhan konsumsi beras akan terus meningkat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk, berdasarkan realisasi produksi.

Namun dalam kurun beberapa waktu terakhir kata Wabup kebutuhan itu makin menurun, hal ini tentunya sangat disayangkan karena berbanding terbalik dengan produksi satuan lahan yang pembiayaannya semakin meningkat.

Mengatasi permasalah itu, ia menyebut, Pemda Parimo terus melakukan upaya, diantaranya mencanangkan peningkatan produksi padi nasional sebesar 1,5 persen pertahun.

Wabup juga berharap dalam penerapan program pencanangan peningkatan produksi padi nasional itu, masyarakat mau bekerja sama dengan pemerintah, juga dalam hal peningkatan produksi padi melalui metode Hazton.

“Olehnya, saya berharap kepada kita. Mari kita bekerja sama untuk meningkatkan produksi Padi di Kabupaten Parigi Moutong dengan menggunakan metode Hazton,”Tutupnya.

(Bobz)